Inspirasi Orang Kudus Hari Ini Minggu 18 Juni 2023 : Matt Talbot, Santo Pelindung Pecandu Alkohol

JURNAL KATOLIK - Matt Talbot dilahirkan di Dublin pada tanggal 2 Mei 1856. Matt Talbot dikenal sebagai Santo pelindung bagi pria dan wanita yang berjuang melawan kecanduan alkohol.

 Semasa kecil, ayahnya bekerja di dermaga dan mengalami kesulitan untuk menghidupi keluarganya. Setelah beberapa tahun bersekolah, Matt mendapatkan pekerjaan sebagai kurir untuk beberapa pedagang minuman keras; di sana ia mulai minum secara berlebihan. Selama 15 tahun-sampai usianya hampir 30 tahun-Matt adalah seorang pecandu alkohol aktif.

Inspirasi Orang Kudus Hari Ini Minggu 18 Juni 2023 : Martir Suci Leontius, Hypatius, dan Theodulus

Suatu hari ia memutuskan untuk mengambil "janji" selama tiga bulan, membuat pengakuan dosa secara umum dan mulai menghadiri Misa harian. Ada bukti bahwa tujuh tahun pertama Matt setelah mengikrarkan diri sangatlah sulit. Menghindari tempat-tempat minumnya yang dulu sangatlah sulit. Ia mulai berdoa dengan intens seperti saat ia masih minum-minum. Dia juga berusaha membayar kembali orang-orang yang pernah meminjam atau mencuri uang darinya ketika dia sedang minum-minum.

Sebagian besar hidupnya, Matt bekerja sebagai buruh bangunan. Dia bergabung dengan Ordo Fransiskan Sekuler dan memulai kehidupan penebusan dosa yang ketat; dia berpantang makan daging selama sembilan bulan dalam setahun. Matt menghabiskan waktu berjam-jam setiap malam untuk membaca Kitab Suci dan kehidupan orang-orang kudus. Dia berdoa rosario dengan tekun. Meskipun pekerjaannya tidak membuatnya kaya, Matt menyumbang dengan murah hati untuk misi.

Bacaan Alkitab Katolik Hari Minggu Biasa ke XI, 18 Juni 2023:

Setelah tahun 1923, kesehatan Matt menurun, dan dia terpaksa berhenti bekerja. Dia meninggal dalam perjalanan ke gereja pada hari Minggu Tritunggal. Lima puluh tahun kemudian, Paus Paulus VI memberikan gelar terhormat kepada Matt Talbot. Pesta liturgisnya dirayakan pada tanggal 19 Juni.

Refleksi dari kehidupan Matt Talbot

Dalam melihat kehidupan Matt Talbot, kita dapat dengan mudah berfokus pada tahun-tahun terakhir ketika dia telah berhenti minum untuk beberapa waktu dan menjalani kehidupan yang penuh pertobatan. Hanya pria dan wanita pecandu alkohol yang telah berhenti minum alkohol yang dapat sepenuhnya memahami betapa sulitnya tahun-tahun awal ketenangan bagi Matt.

Dia harus menjalani hari demi hari. Begitu juga dengan kita semua.

Demikian inspirasi kisah hidup dari Yang Mulia Matt Talbot adalah Santo Pelindung dari Pecandu Alkohol, orang -orang yang sedanga dalam pemulihan  dari Penyalahgunaan dan Kecanduan Zat.

***

Editor

Editor Jurnal Katolik